Skip to content

Online Adv – Gambaran Umum

September 30, 2012

Dalam satu hingga dua dekade terakhir, media online telah memperoleh perhatian signifikan sebagai salah satu media pemasaran (advertising). Dari data Advertising Share di US oleh Forrester Research dalam “Teleconference: The US Interactive Marketing Forecast 2007-2012”, alokasi bujet pemasaran untuk media online/internet secara keseluruhan mencapai 8% pada 2007 dan diperkirakan mencapai 13,3% di 2012. Persentase ini masih cukup jauh dibandingkan media TV (32%) dan newspaper (20%), namun nyaris setara dengan radio (9%) dan magazines (6%).

Poin menarik dari penelitian di atas adalah perbandingan alokasi bujet adv terhadap alokasi waktu yang digunakan oleh penduduk US. Seperti pada online adv terhadap newspaper, dimana penduduk US menggunakan 29% dari waktunya untuk internet (personal & work) dibandingkan hanya 8% untuk newspaper. Secara sederhana, terlihat di sini bahwa media online belum dimanfaatkan secara maksimal untuk strategi pemasaran dan masih menggunakan strategi konvensional.

Di Indonesia, penetrasi internet dan perubahan pola penggunaan media masyarakat Indonesia mulai dilihat secara cermat dalam strategi pemasaran. Di tahun 2010-2011, bujet untuk media online diperkirakan sekitar Rp 726 miliar, naik tajam dibanding tahun 2009 pada Rp 220 miliar. Angka ini sebenarnya tergolong kecil jika dibandingkan total belanja iklan di media apapun yang mencapai Rp 48 triliun (sumber: PPPI, 2010).

Kondisi ini bisa dilihat dari dua sisi yang saling berkaitan, sisi strategi marketing dan dari sisi teknis. Jika dilihat pada perusahaan besar seperti Google, Yahoo!, atau Microsoft yang telah memiliki sejarah riset yang panjang serta berbagai client success stories dalam online advertising, marketing di Indonesia masih membutuhkan jaminan dari sisi teknis terkait kemampuan online advertising dalam mengikat konsumen. Berbagai pertanyaan seperti model transaksi, pemetaan online-user, perhitungan feedback dan outcome, strategi peningkatan user experience, serta pengalaman advertiser dalam berbagai success stories, masih perlu dijawab oleh penyedia online adv (publisher).

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: